5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Investasi Tanah ! 1

Dicari tanah untuk investasi! Tentu ini yang akan Anda pikirkan, jika mempunyai budget lebih. Untuk menemukan lahan yang pas dalam melakukan invetasi, tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain :

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Investasi Tanah ! 2

www.timesindonesia.co.id

1. Fungsi tanah

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, sebelum memasukkan kolom informasi dicari tanah untuk investasi, pada kolom property atau menyebarkannya pada teman atau juga saudara. Ada baiknya jika Anda memikirkan terlebih dahulu, fungsi dari tanah itu sendiri. Apakah tanah yang akan Anda beli tersebut akan digunakan atau dijual kembali untuk perumahan, untuk pembangunan mall, area pertokoan, atau hal lainnya. Dengan mempertimbangkan hal seperti ini, tentunya Anda dapat langsung membayangkan, kondisi tanah yang hendak dibeli nantinya, lengkap dengan prospek kedepannya.

2. Lokasi tanah

Hal kedua yang akan Anda pertimbangkan dalam hal ini adalah lokasi tanah tersebut. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, seperti posisi letak tanah, apakah lokasinya startegis atau tidak. Anda juga perlu memperhatikan apakah tanah tersebut, termasuk daerah rawan bencana, seperti daerah banjir, atau yang lainnya.

Untuk memperoleh informasi seperti ini, ada baiknya jika Anda melakukan pendekatan terhadap warga. Kebanyakan orang tidak menyukai tanah yang dekat dengan sesuatu yang tidak membuat nyaman, seperti tempat pembuangan sampah, anger, dekat dengan kuburan, atau bahkan daerah preman,

3. Kondisi tanah

Ketika Anda melakukan pencarian terhadap tanah yang akan dijual, Anda juga perlu memperhatikan tentang kondisi tanah itu sendiri. Mulai dari, kondisi kemiringan tanah, tingkat kepadatan tanah, jenis tanah, posisi hadap tanah, dan hal lainnya. Tentunya hal-hal seperti ini, perlu Anda pertimbangkan dengan baik.

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Investasi Tanah ! 3

economy.okezone.com

4. Melakukan negosisasi harga

Ketika Anda menemukan sebuah lahan dengan tulisan dijual, ada baiknya jika Anda melakukan survei secara langsung, serta memeriksa kondisi tanah tersebut secara langsung. Dengan melakukan survey, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi tanah itu sendiri. Selain itu, Anda juga dapat langsung menaksir, berapa kisaran harga tanah yang akan dijual tersebut.

Hal ini, yang kelak akan menguntungkan Anda, dalam melakukan proses negosiasi harga tanah, yang akan dijual tersebut. Pastikan harga tanah yang dijual standar, tidak terlalu rendah atau bahkan tidak terlalu tinggi. Akan lebih baik, jika Anda berhasil membeli tanah tersebut, dengan harga yang cukup murah.

Demikian pula ketika Anda ingin menancapkan plang dicari tanah untuk investasi. Maka Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang disebut di atas, agar harga jual tanah yang Anda miliki tidak terlalu murah.

5. Pastikan tanah memiliki legalitas dan kelengkapan surat

Hal terakhir yang tentunya harus Anda perhatikan dengan baik, adalah legalitas tanah serta kelengkapan aneka surat menyurat dari tanah yang akan dijual tersebut.

Seperti diketahui bersana, hak atas tanah bisa berbagai macam, mulai dari hak milik, hak pakai, hak sewa, dan hal lainnya. Ketika Anda ingin membeli tanah tersebut, sebaiknya pastikan tanah tersebut memiliki sertifikat hak milik yang sah. Gunakan notaries, untuk mengetahui dan juga mengurus berbagai macam hal tentang proses jual beli tanah tersebut.

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Investasi Tanah ! 4

www.moneycrashers.com

Melakukan investasi tanah ini, memang tidak mudah. Salah memilih lokasi tanah, membuat harga tanah yang diinginkan, tidak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, untuk memperoleh tanah investasi yang tepat.

"5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Investasi Tanah !" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT