4 Cara Membuat Tanah Subur Dengan Baik dan Mudah 1

Cara Membuat Tanah Subur – Untuk menjadikan tanah sebagai media tanaman menggunakan pot atau polybag sebenarnya tak terlalu sulit. Di bidang tanaman, media tanam adalah faktor terpenting yang dapat dijadikan faktor penentu keberhasilan bercocok tanam.

Hal ini dikarenakan media tanam tersebut ibarat sumber makanan bagi kehidupan makhluk hidup. Jadi dengan kata lain, Anda harus memberikan makanan yang baik dan bergizi untuk pertumbuhan dan kesehatan makhluk hidup tersebut. Hal ini juga berlaku bagi media tanam yang baik yang dapat membuat pertumbuhan pada tanaman menjadi lebih sehat.

Cara Membuat Tanah Subur

belajarberkebun.com

Bagaimana Kriteria Tanah Sebagai Media Tanam yang Baik?

Sebelum Anda membuat tanah untuk dijadikan media tanaman, sebaiknya perhatikan beberapa syarat atau kriteria media tanam yang bagus, sebab dari media tanam tersebut itulah tanaman yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik dan bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap. Adapun syarat media tanam untuk pertumbuhan tanaman yang baik ialah :

        Bisa menyediakan semua unsur yang diperlukan tanaman untuk pertumbuhan, baik berupa unsur mikro maupun makro.

        Media tanam dapat menyediakan ruang pertumbuhan yang baik untuk akar maupun tanaman.

        Dapat dijadikan sebagai media untuk menyangga tanaman, supaya tidak mudah roboh menyesuaikan jenis tanamannya. Seperti pada tanaman buah memiliki media tanam lebih padat dan keras dibandingkan tanaman sayur, yang biasanya memiliki banyak rongga untuk pertumbuhan akar.

        Media tanam harus bebas dari hama penyakit yang bisa menyerang tanaman.

        Tanah/media tanam mempunyai tingkat porositas yang ideal. Adapun maksud porositas di sini ialah medianya tak terlalu padat dan tak terlalu berongga, selain itu media yang baik juga dapat menyerap air serta mempertahankan tingkat kelembapannya.

Bagaimana Cara Membuat Tanah Subur Untuk Dijadikan Media Tanam?

Cara Membuat Tanah Subur

caratanam.com

Untuk membuat tanah sebagai media tanam tumbuhan dengan baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan, sebagai berikut :

1.      Pemberian Pupuk Kompos

Pupuk kompos bersifat alami tanpa adanya bahan kimia, belum lagi memiliki unsur zat hara tinggi di dalamnya, karena itu pemberian pupuk kompos bisa menyuburkan tanah dengan baik, terutama pada tanah gersang. Pemberian pupuk kompos pada luas areal ¼ hektar bisa diberikan pupuk berjumlah 60-100 sak lebih untuk 1,5 tahun sekali. Dalam hal ini Anda harus memilih pupuk kompos yang berasal dari kotoran ternak kambing maupun sapi.

2.      Pemberian Kapur

Fungsi kapur di sini ialah untuk menetralkan tingkat keasaman tanah, terutama saat musim penghujan. Saat tanah yang mempunyai tingkat keasaman berlebih ditambah dengan kadar asam dari air hujan tentu sifatnya menjadi semakin asam. Karena itu, Anda harus memberikan kapur di lahan pertanian selama 2 tahun sekali atau 1 tahun sekali, menyesuaikan komoditas tanaman yang ingin Anda tanam.

Cara Membuat Tanah Subur

3.      Membalik Tanah

Tanah gersan juga bisa dilakukan pengolahan dengan cara tanahnya dibalik memakai bajak sapi atau traktor, adapun fungsi pengolahan tanah tersebut ialah supaya udara yang ada di dalam tanah bisa bertambah, sehingga keperluan udara pada akar pun dapat terpenuhi, sehingga mikroorganisma yang terdapat di dalam tanah bisa berkembang baik.

4.      Mengganti Jenis Tanaman yang Ditanam

Jika Anda sering sekali menanam pagi atau jagung dalam setahun, tentu tak ada salahnya jika menanam jensi tanaman lainnya untuk dijadikan pengganti, tapi yang paling diutamakan ialah menanam jenis kacang tanah atau kacang-kacangan lainnya, karena akar tanaman pada kacang tanah dapat ditumbuhi mikroba untuk mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga bisa meningkatkan kandungan nitrogen dari dalam tanah.

Itulah beberapa cara membuat tanah subur dengan baik untuk dijadikan media tanam tumbuhan. Semoga bermanfaat!

"4 Cara Membuat Tanah Subur Dengan Baik dan Mudah" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT