Cara Menggemburkan Tanah dan Persiapan Berkebun 1

Cara Menggemburkan Tanah –¬†Ketika anda ingin berkebun atau memanfaatkan lahan tanah untuk menanam sesuatu maka langkah pertama yang harus dipahami adalah cara menggemburkan tanah dengan benar.

Tentunya jika tanahnya gembur akan lebih siap ditanami berbagai macam tanaman bila dibandingkan dengan yang masih keras. Selain itu nutrisi tanah akan jauh lebih optimal dapat keluar dan dimanfaatkan oleh tanaman di atasnya saat sudah gembur serta subur.

Cara Menggemburkan Tanah

Cara Menggemburkan Tanah Dengan Benar

Ada berbagai cara menggemburkan tanah yang bisa anda aplikasikan dengan baik tentunya dengan langkah yang tepat. Maka perlu dipertimbangkan kesesuaian langkahnya agar tidak sampai ada kesalahan yang membuat tanah tersebut menjadi gagal subur nantinya saat digunakan.

Menggemburkan tanah menjadi awal yang benar-benar harus dilakukan secara tepat untuk masuk ke langkah selanjutnya melakukan proses penanaman.

Berikut beberapa cara menggemburkan tanah yang bisa anda coba aplikasikan yaitu :

  • Melakukan pembalikan tanah dengan alat pembajak, sehingga lapisan tanah yang banyak sisa tumbuhan akan terbalik ke arah bawah serta membuatnya agar tidak keras
  • Tanah yang dibalik akan berbentuk bongkahan sehingga untuk mengatasinya anda harus mencangkul tanah tersebut sehingga bongkahannya akan hancur
  • Tanah yang sudah hancur kemudian diratakan agar terlihat lebih rapi untuk persiapan menaman tanaman di atasnya
  • Membuat petakan dengan parit yang mengelilingi lahan tanah tersebut sebagai penampung air serta pembuangannya

Memang proses tersebut akan membutuhkan waktu tetapi anda harus melakukannya dengan baik dan benar demi mendapatkan tanah yang gembur dan subur.

Kedalaman pencangkulan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta jenis tanaman yang akan ditanamkan di atasnya nanti. Sehingga untuk hal ini anda tinggal menyesuaikan saja tetapi secara umum caranya sama.

Cara Menggemburkan Tanah

Kesalahan Saat Awal Berkebun

Setelah anda mengaplikasikan cara menggemburkan tanah selanjutnya tentu adalah proses berkebun sesuai dengan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Namun ternyata masih banyak kesalahan yang dilakukan sehingga akan mempengaruhi hasil atau bahkan keberhasilan dari kebun tersebut yang akhirnya merugikan bagi anda.

Berikut beberapa kesalahan yang harus anda hindari saat awal berkebun yaitu :

  • Jangan menanam tanaman semusim pada seluruh bagian kebun meskipun hasilnya lebih cepat tetapi pada musim berikutnya anda harus mempersiapkan lahan dari awal sehingga akan membuang waktu, sehingga sebaiknya pilih tanaman tahunan atau hanya menggunakan beberapa petak untuk tanaman musiman
  • Perhatikan kondisi lingkungan baik masalah jenis tahan, ketinggian hingga cahaya matahari sehingga anda bisa mengondisikan kebutuhan tanaman yang diinginkan. Hal ini sangat penting demi keberhasilan hasil panen anda nantinya
  • Kesalahan dalam memilih pupuk tentu akan menjadi masalah dan anda perlu memperhatikan bahwa pupuk kompos sisa tanaman atau sayuran manfaatnya akan berbeda dengan menggunakan pupuk kandang. Sehingga sesuaikanlah penggunaan keduanya dengan kondisi tanah anda masing-masing
  • Rencanakan pengeluaran dengan baik sesuai kebutuhan kebun agar tidak sampai ada pengeluaran ekstra yang membuat budget anda membengkak secara tiba-tiba

Cara Menggemburkan Tanah

Menghindari beberapa kesalahan tersebut akan membantu anda untuk memaksimalkan hasil perkebunan yang dikembangkan. Baik itu untuk kebun pribadi atau dijadikan sebagai sumber keuntungan tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Sehingga anda perlu memperhatikan dengan baik setiap poin agar tidak perlu ada kesalahan selama mengatur perkebunan tersebut. Tidak perlu takut atau khawatir dalam melangkah, mulai dari langkah awal cara menggemburkan tanah hingga penanaman serta panen bisa anda pelajari dengan baik.

"Cara Menggemburkan Tanah dan Persiapan Berkebun" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT