Ciri-Ciri Tanah Subur Sebagai Tolok Ukur Pertanian 1

Ciri Ciri Tanah Subur – Anda yang hidup di dataran tinggi seperti pegunungan akan sangat bergantung dari hasil bumi seperti panen padi, sayur, kayu dan tanaman lainnya. Namun, hasil yang diinginkan biasanya terkendala oleh tanah yang lapuk/tidak subur. Ciri-ciri tanah subur ditentukan oleh beberapa hal:

Kandungan Makro dalam Ciri-ciri Tanah Subur

Ciri-Ciri Tanah Subur

  • Kandungan Makro artinya zat yang berupa unsur organik yang dibutuhkan oleh kesuburan tanah. Adapun bentuknya berupa pupuk alami dan buatan. Pupuk alami seperti yang diketahui adalah pupuk dengan kotoran hewan ternak, tanaman busuk dengan kandungan humus tinggi sedangkan pupuk buatan atau kimia adalah pupuk yang dibuat dengan tambahan zat kimia seperti Nitrogen, Besi, Fosfor, Kalium, Kalsium, Magnesium dan Belerang.
  • Memiliki kadar keasaman (pH) netral atau sedikit lebih asam, bekisar 6,5 – 7.
  • Komposisi tanah yang terdapat bahan pasir, humus, tanah liat/lempung, bebatuan kerikil
  • Terdapat hewan cacing yang banyak sebagai indikasi tanah yang subur

Kandungan Mikro dalam Ciri-ciri Tanah Subur

Ciri-Ciri Tanah Subur

  • Kandungan Mikro seperti bakteri pendukung untuk membusukkan atau menunjang kesuburan tanah. Bakteri Asotobacter Sp berfungsi untuk mengikat unsur Nitrogen dengan unsur lainnya sehingga lebih kuat dalam menyuburkan tanah. Selain itu, untuk merangsang pertumbuhan tahapan vegetatif, membentuk zat hijau daun (klorofil), asam amino, lemak, dan enzim. Senyawa Nitrogen dapat diperoleh dari organik seperti NH4, NO3, NO2, N2O dan unsur N.
  • Bakteri Streptomyces Sp, bakteri ini berfungsi dalam pengontrol patogen tumbuhan untuk menghasilkan antibodi/antibiotik dan senyawa hidrolotik seperti glukonase, kitinase untuk meleburkan sel jamur/fungi.
  • Bakteri Saccaromyces Sp, bakteri ini berfungsi untuk memecah ikatan sakarida pada karbohidrat untuk melepaskan zat-zat nutrisi agar bisa dicerna melalui enzim pencernaan.
  • Bakteri Aspergllus Sp, merupakan bakteri yang bertugas untuk melarutkan unsur fosfat dari senyawa yang susah diuraikan. Fosfat sangat mudah diserap oleh tumbuhan dengan kadar keasaman tanah 6-7.
  • Bakteri Trichoderma Sp, adalah bakteri baik untuk mengusir jamur ata patogen penghambat pertumbuhan tanaman. Selain itu, bakteri ini ditambahkan dalam pembutan kompos daun agar sampah daun cepat  membusuk.
  • Unsur Kalium, kalium alami diperoleh dari pelapukan bebatuan atau zat kasar tanah yang mengandung kalium. Kalium bisa diperoleh dari pelapukan zat organik dengan hewan penyubur yang selebihnya akan tersaring oleh tanah dan diserap. Semakin banyak hewan penyubur suatu tanah maka kadar kesuburannya semakin tinggi.
  • Unsur Besi, unsur ini berfungsi dalam membentuk klorofil/zat hijau daun, protein, enzim, sitokrom, perkembangan kloroplas. Selain itu, Kandungan besi sangat dominan dalam tanah yang meresap melalui akar dan naik ke daun.

Ciri-Ciri Tanah Subur

  • Unsur Seng (Zn), berguna untuk memicu enzim anolase, asam oksalat dekarboksilase, aldolase, lesitimase, histidin deaminase, super okside demutase (SOD), sistein desulfihidrase, dehidrogenase, proteinase dan peptidase, karbon anhidrase, pemanjangan sel serta ruas batang.
  • Cuprum/ Tembaga, unsur ini sangat memengaruhi organ xilem dan floem yaitu organ yang menjadi transpoter zat ke seluruh bagian tumbuhan baik akar, batang dan daun. Maka dari itu, indikasi tanaman yang kekurangan unsur tembaga akan berakibat lapuk daun, kuning mendadak, kerdil, kurus dan tangkai yang menyusut.

Anda bisa mendapatkan pemicu kesuburan tanah berupa pupuk baik alami dan buatan dengan membuat sendiri atau membeli di toko pertanian.

Biasanya akan ditanyakan bagaimana karakter tanah di tempat Anda dan akan diberikan pupuk yang cocok agar mendapatkan hasil pertanian maksimal. Dengan mengetahui ciri-ciri tanah subur Anda tak perlu khawatir gagal panen.

"Ciri-Ciri Tanah Subur Sebagai Tolok Ukur Pertanian" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT