Keuntungan Investasi Tanah Kavling

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun – Apakah saat ini Anda ingin menjual kebun Anda kepada orang lain? Atau Anda justru ingin membeli kebun orang lain sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk bercocok tanam?

Nah jika demikian halnya maka Anda tidak perlu khawatir, terutama juga dalam hal untuk membuat surat jual beli tanah kebun tersebut. Hal ini tentu saja karena Anda bisa dengan mudah untuk menemukan contoh surat jual beli tanah kebun dibeberapa mesin pencaharian.

Bagi Anda yang ingin membuat surat jual beli tanah kebun, maka berikut contoh surat jual beli tanah kebun dan beberapa syarat lainnya yang harus Anda ketahui.

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Pihak Pertama

Didalam transaksi jual beli tentu saja tidak bisa dilakukan sendiri, dalam hal ini minimal harus Anda dua belah pihak sehingga nantinya bisa dikatakan sebagai pihak pertama dan juga pihak kedua.

Hal ini tentu saja agar Anda bisa dengan mudah mengetahui siapa yang menjadi pihak yang menjual dan juga siapa yang menjadi pihak pembeli.

Tahukah Anda jika biasanya didalam contoh surat jual beli tanah kebun juga terdapat hal ini. Adapun pihak pertama biasanya akan bertindak selaku pihak yang menjualkan tanah kebunnya. Jadi pada surat jual beli tanah kebun.

Pihak pertama juga harus mencantumkan secara lengkap identitas dirinya. Mulai dari nama lengkap, umur si penjual dalam hal ini selaku pihak pertama, pekerjaannya, serta juga alamat tempat tinggal yang lengkap.

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Pihak Kedua

Adapun yang bertindak nantinya selaku pihak kedua biasanya adalah orang yang membeli tanah kebun tersebut. Dalam contoh surat jual beli tanah kebun juga biasanya dijelaskan mengenai identitas diri yang lengkap dari pihak pembeli.

Mulai dari nama lengkap, umur si pembeli, pekerjaan si pihak ke dua hingga alamat tempat tinggalnya yang lengkap. Hal ini agar jelas dan mudah dilakukan pencarian jika terjadi masalah dikemudian harinya.

Saksi-Saksi

Hal yang paling penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan dan remehkan dalam hal surat jual beli tanah kebun adalah mengenai hadirnya 5 orang saksi.

Di dalam contoh surat jual beli tanah kebun biasanya juga terdapat saksi-saksi yang menghadiri atau menyaksikan langsung proses jual beli tanah kebun tersebut. Saksi dalam hal ini juga nantinya akan menandatangai surat jual beli tanah kebun tersebut tepat pada bagian bawah surat jual beli tanah kebun ini.

Kehadiran saksi ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu kunci sah tidaknya jual beli ini, selain itu hadirnya saksi juga akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan persoalan jika terjadinya masalah hukum dikemudian hari.

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Batas-Batas Tanah

Jika pihak pertama dan pihak kedua serta saksi sudah ada, maka hal lainnya yang juga harus ada pada surat jual beli tanah kebun adalah mengenai batas-batas tanah kebun yang dijual tersebut kepada pihak kedua.

Anda haruslah jelas dan lengkap menyebutkan batas-batas setiap tanah. Mulai dari batas sebelah utara, batas sebelah selatan, batas sebelah barat dan batas sebelah timur. Bahkan pada contoh surat jual beli tanah kebun juga dijelaskan setiap batasan-batasan tersebut harus dibubuhkan luasnya dalam ukuran meter.

Tanggal Dilakukannya Akad Jual Beli Beserta Harganya

Pada contoh surat jual beli tanah kebun biasanya Anda juga akan melihat tanggal akan jual beli tanah kebun ini berlangsung. Serta tidak ketinggalan juga mengenai jumlah atau nominal harga jual tanah kebun tersebut dijual kepada pihak kedua.

"Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Yang Lengkap" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT