Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Yang Wajib Anda Ketahui 1

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah – Apakah saat ini Anda ingin melakukan perjanjian jual beli tanah namun Anda bingung bagaimana cara membuat suratnya? Jika demikian halnya, maka Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini Anda bisa melihat contoh surat perjanjian jual beli tanah yang lengkap. Selain itu bagi Anda yang belum pernah membuatnya sama sekali, maka berikut beberapa hal yang juga wajib Anda ketahui mengenai surat perjanjian jual beli tanah ini.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

disk.mediaindonesia.com

Apa Pentingnya Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Tanah?

Bagi Anda yang belum pernah membuat surat perjanjian jual beli tanah bahkan juga belum pernah melihat sama sekali contoh surat perjanjian jual beli tanah, maka Anda harus mengetahui apa fungsinya.

Tahukah Anda jika surat perjanjian jual beli tanah ini bisa dikatakan sebagai surat sakti, hal ini karena fungsinya yang sangat penting. Adapun fungsinya adalah sebagai kepastikan hukum jika benar Anda sudah membeli tanah tersebut dari pihak penjual.

Dengan adanya surat sakti ini, maka Anda juga akan mudah melakukan tindakan kedepan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bisa dikatakan dengan adanya surat perjanjian jual beli tanah ini, maka Anda sebagai pemilik baru dari tanah yang sudah Anda beli.

Hal ini juga nantinya akan memudahkan Anda jika terjadi permasalahan atau sengketa tanah dikemudian hari. Bisa dikatakan surat perjanjian jual beli tanah ini akan melindungi Anda dari tindakan penipuan atau juga wanprestasi.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Apa Saja Isi Surat Perjanjian Jual Beli Tanah?

Adapun isi dari surat perjanjian jual beli tanah bisa Anda lihap pada beberapa contoh surat perjanjian jual beli tanah. Isinya tidaklah berbeda.

Biasanya pada contoh surat perjanjian jual beli tanah Anda akan melihat identitas lengkap para pihak yang melakukan jual beli, dalam hal ini ada pihak pertama selaku pihak penjual tanah dan juga ada pihak kedua selaku pihak pembeli tanah tersebut. Didalam surat ini juga haruslah jelas kedudukan setiap pihak, baik selaku penjual maupun pembeli.

Selain identitas para pihak maka Anda juga akan melihat adanya denah gambar tanah pada contoh surat perjanjian jual beli tanah. Adapun denah gambar tanah ataupun deskripsi tanah tersebut meliputi:

  • Alamat atau lokasi tanah yang dijual tersebut,
  • Besarnya luas tanah yang dijual kepada pihak pembeli. Luasnya harus dalam bentuk meter persegi,
  • Adanya batas tanah yang jelas dan juga lengkap dengan empat arah penjuru angin baik itu barat, utara, selatan dan timur harus lengkap,
  • Status kepemilikan tanah juga haruslah jelas,
  • Didalam contoh surat perjanjian jual beli tanah juga biasanya juga terdapat nomor surat tanah,
  • Dan Harga tanah sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak juga harus disebutkan dengan jelas berapa besaran nominalnya.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Selain itu Anda nantinya juga akan melihat di dalam contoh surat perjanjian jual beli tanah mengenai pencantuman para saksi yang lengkap dengan identitas mereka.

Apakah sebagai kepala desa di lokasi tanah yang dijual tersebut. Saksi-saksi tersebut juga harus merupakan saksi dari kedua belah pihak. Bahkan pada contoh surat perjanjian jual beli tanah tersebut juga dijelaskan mengenai proses pembayarannya dan juga lamanya batas waktu pembayaran atau pelunasan tanah yang dibeli tersebut.

Tidak kalah pentingnya, maka didalam surat perjanjian jual beli tanah ini juga haruslah disebutkan mengenai cara penyelesaian sengketa tanah yang bisa ditempuh oleh kedua belah pihak jika sewaktu-waktu terjadi keributan atau perselisihan. Dengan demikian maka akan jelas nantinya cara apa yang akan digunakan oleh kedua belah pihak.

"Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Yang Wajib Anda Ketahui" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT