Beberapa Hal Wajib Diketahui Tentang Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah 1

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sistem dalam hal jual beli tanah. Tentu saja hal ini dibuat agar memudahkan para pihak dalam menjual atau membeli tanah serta juga bisa melindungi kedua belah pihak jika terjadinya wanprestasi atau salah satu pihak tidak jujur.

Berbagai contoh surat pernyataan jual beli tanah juga saat ini bisa dengan mudah untuk Anda lihat. Namun tentu saja, ada beberapa hal lainnya yang juga harus Anda ketahui selain contoh surat pernyataan jual beli tanah ini, yaitu sebagai berikut.

contoh surat pernyataan jual beli tanah

Pengertian Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Sebelum Anda mengetahui bagaimana contoh surat pernyataan jual beli tanah maka penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa itu pengertian dari surat pernyataan jual beli tanah. Tahukah Anda jika surat pernyataan jual beli tanah ini merupakan suatu surat yang berisi fakta dalam melakukan proses jual beli tanah, yang nantinya bisa digunakan sebagai bukti atau juga akta tentang perbuatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini dimana adanya kesepakatan diantara dua belah pihak dalam hal jual beli tanah.

contoh surat pernyataan jual beli tanah

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Tahukah Anda jika sebenarnya contoh surat pernyataan jual beli tanah ini tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh surat jual beli tanah lainnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada pernyataan yang tertera pada surat pernyataan ini. Adapun isi dari surat pernyataan jual beli tanah ini yaitu sebagai berikut:

  • Identitas para pihak. Sama dengan surat perjanjian jual beli tanah, ternyata pada contoh surat pernyataan jual beli tanah juga harus lengkap dituliskan identitas para pihak yang melakukan jual beli. Identitas tersebut mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama hingga alamat lengkap para pihak yang melangsungkan jual beli tanah tersebut.
  • Status para pihak. Hal lainnya yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah mengenai status kedua pihak. Anda harus jelas menyebutkan status pihak pertama dan juga pihak kedua. Biasanya di beberapa contoh surat pernyataan jual beli tanah ini yang bertindak sebagai pihak pertama adalah pihak penjual alias pihak yang memiliki tanah, sedangkan pihak yang akan membeli tanah disebut dengan pihak kedua.
  • Isi Pernyataan. Karena ini merupakan contoh surat pernyataan jual beli tanah maka point yang paling penting dan juga harus ada yaitu mengenai isi dari pernyataan antara kedua belah pihak. Disini harus jelas diterangkan mulai dari harga bidang tanah yang dijualkan oleh pihak pertama kepada pihak kedua yang dilakukan tanpa perantara. Didalam pernyataan tersebut juga haruslah jelas mengenai lokasi tanah yang dijual dan lengkap dengan luas bidang tanahnya serta batas-batasnya. Dan ketentuan lainnya bisa disebutkan berdasarkan perjanjian kedua belah pihak.

contoh surat pernyataan jual beli tanah

Hal Lainnya

Adapun hal lainnya yang juga sangat penting di contoh surat pernyataan jual beli tanah adalah mengenai akadnya. Biasanya Anda akan menemukan akad jual beli seperti “ Bahwa dengan dilakukannya pembayaran dengan ditandatangai surat pernyataan ini, maka tanah yaitu dengan luas dan lokasi yang dimaksud secara sah telah menjadi hak milik pihak kedua atau pihak pembeli”.

Untuk lebih menguatkan surat perjanjian tersebut biasanya juga akan dibubuhkan dengan materai 6000, ini bisa dikatakan agar surat pernyataan tersebut lebih autentik. Nah itu dia hal yang bisa Anda ketahui mengenai contoh surat pernyataan jual beli tanah.

"Beberapa Hal Wajib Diketahui Tentang Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT