6 Jenis Tanah di Indonesia Yang Pas Untuk Membangun Rumah 1

Jenis Tanah di Indonesia – Berikut ini, adalah beberapa jenis tanah di Indonesia, yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumah. Karakteristik tanah berikut ini, mudah Anda temukan dimana saja.Selain itu, jenis tanah ini aman jika digunakan untuk membangun rumah.

6 Jenis Tanah di Indonesia Yang Pas Untuk Membangun Rumah 2

www.arc2020.eu

Tanah Laterit

Adapun jenis tanah di Indonesia, yang pas untuk membangun rumah, pertama adalah jenis tanah Laterit. Jenis tanah yang satu ini, banyak Anda temukan di daerah pedesaan atau perkampungan.

Karakteristik tanah yang satu ini, memiliki warna merah bata, karena kaya akan kandungan zat besi dan juga alumunium. Selain itu, jenis tanah yang satu ini, termasuk yang sudah tua, dan tidak cocok jika digunakan untuk menanam, karena kandungan di dalam tanahnya juga hampir tidak ada.

Tanah latosol

Jenis tanah di Indonesia berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumah adalah tanah Latosol. Jenis tanah seperti ini, banyak Anda temukan di daerah Kalimantan Timur dan juga Barat, Sulawesi, Lampung, Bali dan juga Papua. Terbentuk dari hasil pelapukan batuan sedimen dan juga metamorf.

Ciri-ciri jenis tanah ini adalah warnanya yang merah serta bercampur dengan warna kuning. Teksturnya seperti lempung, dan juga memiliki solum horizon. Tanah Latosol ini, biasanya berada pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi, dan juga lembab, serta berada di ketinggian sekitar 300 hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Walaupun jenis tanah ini tidak terlalu subur, untuk menanam berbagai macam tananam, karena mengandung alumunium dan zat besi, namun masih aman untuk membangun rumah.

Tanah Litosol

Jenis tanah Litosol, juga termasuk jenis tanah di Indonesia yang aman untuk membangun rumah. Ini merupakan tanah yang baru berkembang, atau istilah lainnya adalah tanah muda. Terbentuk dari perubahan iklim, vulkanisme dan juga topografi yang ada.

Jika Anda ingin mengembangkan jenis tanah seperti ini, mudah saja, cukup tanami berbagai macam tanaman, agar unsur mineral dan unsur hara dalam tanah mulai muncul. Sedangkan tekstur dari jenis tanah seperti ini, ada yang lembut namun ada juga yang berpasir.

6 Jenis Tanah di Indonesia Yang Pas Untuk Membangun Rumah 3

hidupsimpel.com

Tanah Mergel

Jika dilihat selintas, karakteristik jenis tanah ini, mirip dengan tanah kapur. Hal ini memang benar, jenis tanah di Indonesia yang satu ini, juga berasal dari tanah kapur. Namun bedanya, jenis tanah yang satu ini sudah bercampur dengan berbagai material tanah lainnya.

Jenis tanah ini terbentuk dari pelapukan batuan, serta curah hujan yang tidak merata. Walaupun mengandung unsur kapur, namun jenis tanah ini aman jika digunakan untuk menanam berbagai macam tanaman, termasuk diantaranya persawahan dan perkebunan. Karena di dalam tanah ini, sudah mengandung mineral dan juga air.

Tanah Oxisol

Salah satu jenis tanah di Indonesia lain, di Indonesia yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, dan juga alumunium oxide adalah tanah Oxisol. Jenis tanah yang satu ini, banyak Anda temukan di daerah pedesaan hingga perkotaan.

Adapun ciri, dari jenis tanah yang satu ini adalah dangkal, dan memiliki ketebalan kurang dari 1 meter saja. Warna dari tanah ini, kemerahan hingga kuning, serta memiliki tekstur seperti tanah liat.

6 Jenis Tanah di Indonesia Yang Pas Untuk Membangun Rumah 4

udfauzi.com

Tanah Podsol

Tanah Podsol ini, mempunyai teksur pasir hingga batuan kecil, namun ada juga yang teksturnya seperti lempung. Jenis tanah di Indonesia yang satu ini, mempunyai warna kuning, hingga keabu-abuan. Anda dapat menemukan jenis tanah ini, di kawasan dengan curah hujan yang tinggi, namun memiliki suhu yang rendah.

"6 Jenis Tanah di Indonesia Yang Pas Untuk Membangun Rumah" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT