Mengenal Macam-Macam Hak Atas Tanah Berdasarkan Undang - Undang 1

Macam-Macam Hak Atas Tanah – Dalam Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) dijelaskan tentang hak atas tanah yang dimiliki oleh seseorang, dan berwenang untuk menggunakan atau juga mengambil manfaat atas tanah yang menjadi haknya. Macam macam hak atas tanah tersebut akan diatur dalam ketentuan pasal 16 jo, pasal 53 UUPA. Adapun berbagai peraturan yang dimaksud adalah :

Hak Atas Tanah

humanikon.co.id

Hal Milik

Macam macam hak atas tanah yang pertama adalah hak milik, adalah hak yang dimiliki secara turun temurun, yang dapat dimiliki orang atas tanah tersebut. Mengingat, bahwa hak tanah tersebut, mempunyai fungsi social. Dalam hal ini, hanya Warga Negara Indonesia yang mempunyai hak milik tanah, sedangkan Warga Negara Asing, tidak dapat mempunyai tanah dengan sertifikat hak milik.

Status hak milik ini dapat dihapus dengan 2 syarat, yaitu, tanahnya jatuh ke negara atau tanahnya musnah.

Hak Guna Usaha

Yang dimaksud dengan Hak Guna usaha adalah, hak untuk mengusahakan, sebidang tanah yang dikuasai langsung oleh negara, dalam jangka waktu tertentu, seperti 25 atau 35 tahun. Hak ini sendiri biasanya akan digunakan untuk perusahaan, pertanian, guna perusahaan, perikanan atau juga peternakan.

Ketetapan hak guna usaha ini, akan diberikan pada tanah seluas minimal 5 Ha. Jika luasnya hingga 25 Ha, maka harus menggunakan investasi modal yang layak, dengan teknik perusahaan yang baik, sesuai perkembangan zaman yang ada.

Yang mempunyai hak Guna Usaha ini adalah, Warga Negara Indonesia dan juga badan hukum yang sengaja didirikan menurut hukum Indonesia dan juga berkedudukan di Indonesia.

Sedangkan hak guna usahanya akan dihapus karena jangka waktu yang berakhir, ada syarat yang tidak dipenuhi, dilepas oleh pemegang hak, dicabut untuk kepentingan umum, ditelantarkan, atau tanahnya musnah.

Hak Atas Tanah

slideplayer.info

Macam – Macam Hak Atas Tanah Hak Guna Bangunan

Adapun yang dimaksud dengan Hak Guna Bangunan adalah hak yang tanah untuk mendirikan dan memiliki bangunan di atas tanah yang bukan miliknya. Biasanya jangka waktu sewa ini sekitar 30 tahun, dan dapat diperpanjang dengan jangka waktu sekitar 20 tahun.

Adapun seseorang yang mempunyai hak atas Hak Guna Bangun tersebut, adalah warga negara Indonesia, dan juga badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia dan juga berkedudukan di Indonesia.

Sedangkan hak Guna Bangun tersebut, dapat  dihapus, jika jangka waktunya sudah habis, tidak memenuhi persyaratan, dilepaskan sebelum jangka waktu habis, dicabut guna kepentingan umum, ditelantarkan, atau tanah tersebut musnah.

Hak Pakai

Yang dimaksud dengan hak pakai adalah hak atas tanah, yang khusus untuk digunakan, atau memungut hasil tanah yang dikuasai secara langsung oleh negara atau juga tanah milik orang lain. Dimana pemilik tanah akan memberikan wewenang dan juga kewajiban, seperti yang telah ditentukan dalam keputusan pemberian hak tanah oleh pejabat yang berwenang. Atau pemilik tanah, akan melakukan perjanjian, bahwa tanah yang digunakan, bukan disewa atau dikelola tanahnya, pastinya tidak bertentangan dengan berbagai ketentuan yang ada dalam undang-undang.

Hak Atas Tanah

binaalquran.wordpress.com

Hak Sewa bangunan

Macam macam hak atas tanah berikutnya adalah hak sewa bangunan, dimana seseorang atau sebuah badan hukum, mempunyai hak sewa atas sebidang tanah, yang dimiliki oleh orang lain, untuk mendirikan bangunan, dan membayarnya pada pemilih tanah, dengan sejumlah uang sebagai biaya sewa.

Hak Membuka Tanah dan Hak Memungut Hasil Hutan

Macam macam hak atas tanah yang satu ini, hanya dapat dimiliki oleh warna negara Indonesia, dan keseluruhannya diatur oleh beberapa Peraturan Pemerintah. Sedangkan hak memungut hasil hutan yang sah, adalah tidak memiliki hak atas tanah yang diambil.

"Mengenal Macam-Macam Hak Atas Tanah Berdasarkan Undang – Undang" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT