Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan Yang Harus Anda Persiapkan 1

Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan – Berbicara mengenai sertifikat tanah, bisa dikatakan sedikit membingungkan bagi sebagian orang. Namun pada dasarnya dalam hal mengurus sertifikat tanah tersebut tidak begitu menyulitkan.

Hanya saja Anda haruslah paham tahap-tahapan yang harus Anda jalankan, serta juga mengetahui apa saja persyaratan yang harus disiapkan.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan balik nama sertifikat tanah warisan, maka berikut syarat- syarat balik nama sertifikat tanah warisanyang wajib untuk Anda persiapkan.

Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Buat Surat Keterangan Waris

Langkah awal yang menjadi syarat balik nama sertifikat tanah warisan yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara membuat surat keterangan waris terlebih dahulu. Hal ini sangatlah penting, karena dengan adanya surat keterangan waris tersebut maka akan jelas siapa ahli waris dari orang tua Anda.

Perlu Anda ketahui jika hanya ahli warislah yang berhak membuat surat keterangan ahli waris ini, dan dalam proses pembuatan surat keterangan ahli waris ini haruslah disaksikan oleh saksi sebanyak dua orang dan juga harus dikuatkan oleh Kepala Desa tempat tinggal orang yang mewariskan tanahnya.

Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Lengkapi Semua Persyaratan Sebelum ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional

Jika Anda sudah membuat surat keterangan waris, maka syarat balik nama sertifikat tanah warisan lainnya yang wajib untuk Anda persiapkan sebelum Anda nantinya ke kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional adalah menyiapkan berkas-berkas yang berisi formulir permohonan dan lengkap dengan materai yang sudah ditandatangani. Tahukah Anda biasanya didalam formulir permohonan tersebut berisi beberapa hal yang harus Anda isi dan juga lengkapi seperti:

  • Identitas diri Anda,
  • Lokasi, luas tanah, dan juga penggunaan tanah yang dimohonkan,
  • Pernyataan jika tanah yang dimohonkan tersebut tidak merupakan sengketa,
  • Pernyataan jika tanah tersebut dikuasai secara fisik,
  • Fotocopy KTP dan KK ahli waris atau kuasa jika ahli waris masih dikuasakan,
  • Sertifikat asli tanah,
  • Surat Keterangan Waris yang telah dibuat sebelumnya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,
  • Akte Wasiat Notaris dan
  • Fotocopy SPPT PBB pada tahun berjalan yang sudah dicocokkan oleh petugas loket dengan yang aslinya, serta
  • Penyerahan bukti BPHTB, bukti SSP yang nantinya berfungsi untuk perolehan tanah lebih dari Rp. 60.000.000 untuk mendapatkan bukti bayar uang pemasukan.

Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Biaya Pengurusan dan Lamanya Proses Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Setelah semua syarat balik nama sertifikat tanah warisan lengkap Anda siapkan. Maka Anda bisa langsung menuju kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional di tempat Anda tinggal.

Nantinya Anda akan dibantu oleh petugas loket atau petugas lainnya yang berwenang. Tahukah Anda ternyata untuk mengurus sertifikat balik nama tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, karena biaya pengurusannya yaitu hanya mencapai Rp50.000 saja.

Dalam prosesnya sertifikat balik nama tanah waris tersebut tidak selesai dalam sehari. Anda harus menunggu kurang lebih selama seminggu atau 7 hari untuk mendapatkan sertifikat balik nama tanah warisan tersebut.

Hal ini tentu saja karena banyak hal yang harus diurus dan juga dicek oleh para petugas mulai dari kepemilikan tanah, apakah tanah tersebut bersengketa atau tidak. Hal ini untuk menghindari permasalahan dikemudian harinya.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai syarat balik nama sertifikat tanah warisan, pastikan jika semua syaratnya sudah Anda lengkapi agar Anda tidak bolak balik ke kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional untuk mengurusnya.

"Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan Yang Harus Anda Persiapkan" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT