8 Tips Investasi Tanah Kavling Terbaik Yang Menguntungkan 1

Tips investasi tanah kaving berikut ini, tentunya perlu Anda perhatikan dengan baik. Terutama untuk Anda yang saat ini ingin membeli tanah kavling untuk investasi atau bahkan untuk membangun rumah.

Cari lokasi yang strategis

8 Tips Investasi Tanah Kavling Terbaik Yang Menguntungkan 2

Tips investasi tanah kavling yang pertama adalah, cari lokasi yang strategis. Dalam hal ini, Anda dapat mencarinya menggunakan media online, seperti di web property atau yang lainnya. Atau Anda juga dapat mengunjungi proyek pembangunan perumahan yang ada.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi perumahan, posisinya cukup dekat dengan berbagai macam proyek pembangunan nantinya. Ini yang membuat nilai tanah di perumahan tersebut baik.

Disini, Anda juga dapat memilih lokasi kavling yang dianggap paling strategis, diantara kavling yang ada. Pastikan kavling tersebut, mudah dijangkau, aman dan pastinya mempunyai harga yang tidak terlalu mahal.

Perhatikan kondisi tanah

Ketika Anda memilih lokasi tanah kavling yang tepat. Anda juga perlu memperhatikan kondisi tanah itu sendiri. Beberapa perumahan mempunyai kondisi tanah yang miring, ini yang membuat tipe rumah yang ada, seperti berundak-undak. Tentunya Anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan baik.

Membeli dari developer terbaik

Tips investasi tanah yang menguntungkan berikutnya adalah, Anda sebaiknya membeli kavling di sebuah cluster, yang tentunya dibangun oleh pengembang yang berkualitas atau professional. Pengembang seperti ini, tentunya tidak hanya asal membangun, namun juga sangat mempertimbangkan tentang nilai jual dari bangunan itu sendiri. Seperti menggunakan bahan-bahan bangunan yang berkualitas, dan desain rumah yang tentunya menarik.

Bagaimana perkembangan lingkungan sekitar

Dalam membeli sebuah kavling untuk invetasi, Anda juga perlu memperhatikan tentang kondisi lingkungan sekitar kavling tersebut. Membeli kavling di lokasi yang masih kosong, atau belum terisi, memang tidak menjadi masalah. Namun jika Anda ingin membangun tanah tersebut, secara langsung. Setidaknya, Anda perlu mempertimbangkan tentang segi keamanan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap sistem sosial yang ada kelak.

Fasilitas penunjang yang ada

8 Tips Investasi Tanah Kavling Terbaik Yang Menguntungkan 3

Ketersediaan aneka fasilitas penunjang di kavling tersebut, secara tidak langsung, akan menaikkan harga jual kavling itu sendiri. Fasilitas penunjang yang dimaksud, antara lain adanya jaringan listrik, adanya aliran air bersih yang teratur, jaringan telfon umum yang mudah dipasang, dekat dengan jalan tol, dekat dengan pasar atau swalayan, dan yang lainnya.

Pastikan legalitas dan kelengkapan surat tanah

Ketika Anda membeli sebuah kavling, pastikan surat menyurat dari tanah tersebut ada dan juga lengkap. Selain itu, pastikan juga surat tanah tersebut, memiliki sertifikasi hak milik, bukan hak sewa, hak guna bangun dan hal lainnya. Apalagi, jika tanah tersebut adalah masih dalam kasus sengketa. Hal ini tentu perlu Anda pertimbangkan dengan baik, untuk mempermudah Anda dalam mengurus berbagai surat menyurat yang ada, nantinya.

Perhatikan harga tanah ketika dibeli

Tips investasi tanah kavling berikutnya, adalah memperhatikan harga tanah kavling itu sendiri. Sebelumnya, Anda perlu mengecek, harga rata-rata tanah yang ada di lingkungan sekitar. Anda dapat mengunjungi rumah warga, untuk mengetahui kisaran harga tanah yang ada.

Hal ini berguna untuk menentukan kisaran harga tanah kavling yang pas, dan tidak terlalu mahal.

Bagaimana sistem pembayaran pada pihak penjual

8 Tips Investasi Tanah Kavling Terbaik Yang Menguntungkan 4

Disini Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana sistem pembayaran, dengan pihak penjual. Berapa lama sistem pembayaran tersebut akan berlangsung dan hal lainnya. Untuk masalah ini, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa notaries. Agarproses jual beli, dan juga proses pembayaran tanah kavling itu sendiri jadi mudah.

"8 Tips Investasi Tanah Kavling Terbaik Yang Menguntungkan" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT