3 Tips Jual Beli Tanah Girik yang Wajib Banget Kamu Ketahui 1

Tips Jual Beli Tanah Girik  – Sebelum Anda melakukan transaksi jual beli tanah girik, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang kondisi tanah girik. Sebagian orang mungkin kebingungan dengan istilah tanah girik, padahal girik adalah bukti kepemilikan atau penguasaan terhadap properti maupun tanah seseorang.

Tips Jual Beli Tanah Girik

Bukan tak mungkin, ketika Anda tertarik membeli tanah yang bukan berstatus SHGB atau SHM, melainkan berstatus girik. Dengan kata lain, bagi yang memburu lahan atau rumah, sebaiknya kenali terlebih dulu status tanah tersebut agar tidak terjadi masalah suatu saat nanti.

Tips Jual Beli Tanah Girik

www.harneyre.com

Tanah Girik Bukan Sertifikat

Berbeda dari SHM (Sertifikat Hak Milik) sebagai sertifikat kepemilikan atas hak tanah atau lahan, girik yang biasa dikenal sebagai petok hanya sebagai surat penguasaan lahan atau tanah saja. Itu artinya, pemilik lahan yang memiliki surat girik memiliki kuasa atas lahan tersebut, serta berfungsi sebagai pihak pembayar pajak.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Mengenai Pokok Pokok Agraria, apabila seseorang hendak mengklaim sebuah lahan atau properti, maka harus menyertakan sertifikat kepemilikan tanah atau lahan tersebut itu sendiri.

Dengan kata lain, jika Anda memiliki sebuah lahan dan hanya dilengkapi oleh surat girik, itu artinya kepastian hukum mengenai kepemilikan lahan atau tanah tersebut belum kuat dan Anda masih belum bisa dikatakan sebagai pemiliknya.

Biasanya, penguasa lahan yang memiliki surat girik memperolehnya dari keluarga atau warisan, meskipun ada pula yang mendapatkannya lewat transaksi jual beli tanah girik.  Jadi wajar, surat yang hanya memuat tentang luas tanah beserta nama pemiliknya tersebut biasanya hanya dilengkapi akta jual beli (untuk pembeli) atau dilengkapi surat waris saja.

Tips Jual Beli Tanah Girik

infobisnisproperti.com

Harga Ranah Girik Di Bawah Pasaran

Salah satu keunggulan lahan yang memiliki surat girik ialah harganya cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan tanah yang bersertifikat. Hal tersebut wajar sebab statusnya hukumnya masih lemah.

Jadi, saat Anda menemukan sebuah lahan dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, besar kemungkinan jika lahan tersebut tak dilengkapi oleh Sertifikat Hak Milik (SHM) atau hanya memiliki surat girik.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab Anda dapat mengurusnya menjadi Sertifikat Hak Milik sesudah mengurus serta membayar biaya proses pembuatan SHM dari girik.

Para pemegang surat girik atas lahan ini biasanya lebih mudah diajak untuk bekerja sama. Harga jual dapat dinegosiasikan, dengan metode pembayaran yang menyesuaikan kemampuan pembelinya. Jadi wajar banyak orang yang merasa tertarik membeli tanah girik walaupun belum mempunyai sertifikat.

Adapun proses jual beli umumnya dibantu tokoh masyarakat di lingkungan sekitar. Sehingga nantinya ada berkas atau dokumen yang menjelaskan bahwa tanah tersebut ialah tanah girik, terdapat keterangan dari ahli waris, dan disertai gambar ukur tanah. Selain itu, ada pula AJB (Akta Jual Beli) sebagai bukti perjanjian jual beli serta pengalihan hak kepemilikan atas tanah.

Tips Jual Beli Tanah Girik

strategihukum.net

Pastikan Kelengkapan Surat Girik Asli

Jika akhirnya Anda masih tertarik membeli tanah yang hanya disertai surat girik saja, Anda pun harus lebih proaktif mencari informasi mengenai properti tersebut. Sehingga Anda tidak akan menemukan berbagai masalah di kemudian hari setelah melakukan transaksi jual beli tanah girik.

Tak sedikit penipuan yang terjadi ketika seseorang membeli tanah girik palsu. Alhasil, mereka tak bisa mengubah status tanah girik menjadi hak milik sesudah membayar uang sesuai dengan harga tanah.

Sedangkan penjualnya sudah terlanjur melarikan diri. Karena itu, Anda harus pastikan jika surat girik memang mencantumkan nama penjual sebagai pihak pemegang surat. Kemudian kunjungi kantor kelurahan atau pertanahan setempat untuk memeriksa keaslian surat giriknya.

"3 Tips Jual Beli Tanah Girik yang Wajib Banget Kamu Ketahui" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT