4 Tips Membeli Tanah Kavling Murah Agar Tak Merugi Nantinya 1

Tips Membeli Tanah Kavling – Membeli tanah kavling memang bisa memberikan keunggulan, sebab selama ini jenis tanah kavling cenderung lebih mahal. Ini dikarenakan bahwa tanah kavling telah tertata rapi serta biasanya sudah memiliki akses jalan memadai. Bila Anda tertarik mempunyai tanah kavling yang murah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Tips Membeli Tanah Kavling

rumahdijualjogja.id

Tips Membeli Tanah Kavling Murah

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membeli tanah kavling berharga murah, seperti berikut ini :

1.      Perhatikan Kondisi Tanah

Saat membeli tanah kavling, Anda harus perhatikan kondisi tanahnya terlebih dulu. Tanah atau lahan yang ingin dibeli harus diperhatikan kelayakannya, entah itu secara fisik, sosial, maupun ekonomi. Secara fisik, kondisi lahan harus dicek berapa ukurannya, kestabilan tanahnya, batas-batasnya, tingkat kemiringannya, konturnya, hingga faktor lainnya.

Secara ekonomi, Anda harus mengecek apakah lokasi tanah/lahan tersebut memiliki potensi saat dijual kembali di kemudian hari. Di samping itu, perhatikan apa saja fasilitas umum yang ada di sekitar lingkungan lokasi, sebab fasilitas umum yang ada di sekitar lokasi bisa meningkatkan nilai jual tanah tersebut di suatu hari nanti.

Secara sosial, Anda juga harus mengecek kenyamanan dan keamanan lokasi tanahnya. Perhatikan pula seperti apa lingkungan sosial kondisi di sekitar lokasi tanah itu berada.

Tips Membeli Tanah Kavling

www.hipwee.com

2.      Cek Surat Tanah

Surat tanah adalah hal wajib yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli tanah. Pasalnya surat tanah bisa memberikan berbagai informasi yang calon pembeli butuhkan sehingga pembeli pun semakin mantap membeli tanah tersebut. Calon pembeli dapat melihat pihak pemilik tanah pada saat ini, bagaimana status kepemilikan lahan, serta hak atas kepemilikan tanah.

Ini penting sekali sebab hak atas kepemilikan tanah bermacam-macam. Tentu akan percuma jika Anda membeli lahan untuk hunian tapi jika hak kepemilikan tanah yang tertera dalam sertifikat tanah ternyata merupakan hak untuk usaha, begitu pun sebaliknya. Sama halnya dengan ukuran luas tanah di dalam sertifikat. Anda harus periksa apakah ukuran luas tanah tersebut sesuai tanah yang ada di lapangan. Maka dari itu, surat atau sertifikat tanah tersebut adalah hal yang perlu dicek kebenarannya.

Tips Membeli Tanah Kavling

harianbantul.com

3.      Periksa Keabsahan Tanah

Dimana pun letak tanah kavling tersebut berada, entah itu tanah yang dijual secara perseorangan maupun membeli tanah kavling di area perumahan, sebaiknya selalu cek keabsahan tanahnya. Adapun cara pengecekan keabsahan tanah itu sendiri ialah dengan mengunjungi Badan Pertanahan Nasional. Para calon pembeli di sana dapat memeriksa dengan jelas tentang status tanah, hak kepemilikan tanah, dan riwayat tanah itu sendiri. Hal tersebut perlu diperhatikan, sebab sekarang ini juga sudah ada bebeapa perusahaan menjual tanah kavlingnya walaupun tanah tersebut sebenarnya belum sah diperjualbelikan menurut hukum.

4.      Buat Surat Akta Jual Beli Tanah

Jika pembeli telah sepakat membeli lahan tersebut, pihak penjual dan pembeli perlu mengurus surat AJB tanah terlebih dulu. Adapun pembuatan AJB ini dapat dilakukan oleh petugas PPAT. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi selama pembuatan surat AJB, salah satunya ialah pelunasan pajak. Penjual wajib membayar PPh, sementara pembeli perlu membayar BPHTB.

Adapun proses pembuatan AJB tersebut harus dilakukan dengan tunai, dimana harus terdapat saksi untuk penandatanganan surat AJB tersebut. Adapun saksi yang dituju biasanya saksi PPAT dan notaris. Sesudah proses AJB selesai dibuat, proses balik nama pun dapat dilakukan.

Itulah beberapa tips membeli tanah kavling murah agar Anda tidak tertipu dan mengalami kerugian di kemudian hari!

"4 Tips Membeli Tanah Kavling Murah Agar Tak Merugi Nantinya" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT