Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah Kavling 1

Untung Rugi Investasi Tanah Kavling – Investasi dalam bentuk apapun, pasti memiliki resiko untung dan juga rugi, termasuk investasi tanah kavling. Ingin tahu, keuntungan dan kerugian investasi jenis ini, ada baiknya Anda membaca ulasan berikut ini.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah Kavling 2

radjapropertybjb.blogspot.com

Keuntungan Investasi Tanah Kavling

Berikut ini, adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh, jika melakukan investasi tanah kavling, antara lain :

Adanya capital gain

Keuntungan pertama dari investasi tanah kavling adalah adanya capital gain. Seperti diketahui bersama, harga tanah cenderung naik setiap tahunnya, mulai dari 20% hingga 25%. Keuntungan akan semakin terasa, ketika Anda sudah menginvetasikan tanah tersebut selama 5 tahun. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak menjual tanah tersebut, sebelum harga jualnya naik secara signifikan, seperti 5 kali lipat dari harga sebelumnya.

Tidak memiliki biaya perawatan

Lain halnya jika Anda melakukan investasi dalam bentuk rumah kost, apartemen atau hal lainnya. Biasanya investasi jenis ini, memiliki biaya perawatan yang harus Anda bayar secara berkala, agar nilai investasi tetap terjaga dengan baik. Lain hanya jika Anda melakukan investasi tanah kavling. Karena bentunya hanya tanah, dan tidak ada apa-apa di atasnya, membuat Anda tidak perlu mengeluarkan aneka biaya perawatan.

Adanya nilai tambah jika dikembangkan

Jika Anda ingin memperoleh nilai lebih pada investasi tanah kavling yang dilakukan, maka Anda harus mengembangkan lahan tersebut. Misalnya saja Anda akan mengembangkan tanah dalam bentuk cluster, atau jika lokasinya cukup strategis, Anda dapat menjadikan lahan tersebut, sebagai ruko.

Keuntungan Demand vs Supply

Yang perlu Anda ketahui dari investasi tanah kavling ini, adalah jumlah persediaannya yang tidak akan bertambah. Sebaliknya, jumlah permintaan akan terus bertambah, seiring waktu berjalan. Terutama ketika Anda memiliki lahan, yang lokasinya cukup strategis, maka ini akan menjadi investasi yang cukup menguntungkan. Karena kelak, harga nilai penawaran yang diajukan cenderung lebih tinggi.

Dapat dialokasikan untuk bisnis lainnya

Keuntungan lain dari investasi tanah kavling ini, adalah Andadapat menggunakan lahan kosong tersebut, sebagai lahan bisnis. Andadapat menggunakan lahan tersebut, untuk bercocok tanam, seperti aneka sayuranorganik, yang hasilnya dapat dijual kembali. Jika Anda dapat mengelolanya dengan baik, tentungan ini akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah Kavling 3

wan081395162180.wordpress.com

Kerugian Investasi Tanah Kavling

Selain memiliki kelebihan, investasi tanah kavling ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini, adalah beberapa kekurangan yang ada dalam investasi tersebut, yaitu :

Minim income

Walaupun bisnis ini sanata menguntungkan, namun minim income. Lain halnya jika Anda melakukan investasi dalam bentuk apartemen atau juga ruko, dimana income yang akan Anda peroleh, akan terus mengalir.

Tidak liquid

Tidak seperti investasi dalam bentuk emas, investasi tanah kavling ini tidak mudah untuk dicairkan. Anda harus menunggu pembeli yang cocok, agar tanah tersebut laku dijual. Hal ini, tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Membutuhkan modal besar

Bisa dibilang ini bukan sebuah kerugian. Ketika Anda ingin melakukan investasi tanah kavling. Maka biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit, atau dengan kata lain membutuhkan modal besar. Itu sebabnya, tidak banyak orang yang melakukan investasi jenis ini.

Menguras pengeluaran

Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah Kavling 4

www.medcom.id

Jika lahan yang Anda investasikan tersebut, tidak digunakan secara produktif. Sebaiknya beri pagar pembatas, atau bahkan diberi penjagaan yang tepat. Agar lahan yang Anda miliki tersebut, tidak digunakan oleh sembarang pihak, yang tidak bertanggung jawab.

"Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah Kavling" - By Laily Affandra - - No Comments

ADD COMMENT